Published On: Tue, Oct 1st, 2013

UMK Kendal 2014 Rp 1,206 Juta

Share This
Tags

ilustrasi umkPemda Kendal akan mengajukan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kendal tahun 2014 kepada Gubernur Jateng sebesar Rp. 1,206 juta. Besaran tersebut berdasarkan kesepakatan antara pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kendal dengan pihak Serikat Pekerja (SP) Kendal, dan Dewan Pengupahan Kendal pada rapat Senin (30/09) yang difasitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kendal bersama Bupati Kendal di ruang kerja Bupati. “Besarnya 100% dari KHL (Kebutuhan Hidup Layak) Kendal,”jelas Bupati.
Menurut Bupati Kendal, sebenarnya pihak Apindo menginginkan besarnya UMK Kendal 97,5% dari KHL atau Rp. 1,1 juta. Sedangkan pihak Apindo menginginkan UMK sebesar 100% dari KHL dan masih ada beberapa tambahan, seperti menyesuaikan laju inflasi, menyesuaikan pertumbuhan ekonomi, dan lainnya. Namun akhirnya disepekati UMK sebesar 100% dari KHL Kendal atau Rp. 1,206 juta.
Walaupun sudah disepakati, namun keduanya terkesan menerima dengan terpaksa. Tahun lalu, UMK Kendal besarnya di dibawah KHL, dan Kendal berada urutan 10 dr bawah di Jateng. Oleh karena itu pihak Apindo sepertinya agak keberatan dengan UMK yang besarnya 100% dari KHL. Sementara pihak Serikat Pekerja justru menginginkan lebih dari KHL.

Displaying 15 Comments
Have Your Say
  1. buruh kendal says:

    Tambah lagi dong pak/buk,,

  2. Veean says:

    Lha honor guru can tetap(honorer) gmn kejelasannya???
    Msh banyak guru honorer yg menerima honor jauh di bawah UMK (ada yg menerima 200rb/bln). TRAGIIISSS….!!!!

  3. umay says:

    Alhmdulillah.. di syukuri aja.. kbutuhan smakin meningkat.. hindari kredit motor biar cukup buat khidupan sehari2

  4. abah udin says:

    buruh minta umk se tinggi2nya..pengusahane koplak…..

  5. rhean says:

    munggah sithiik jossss

  6. wong mlarat says:

    ђαϑϱђ (¬˛¬) jangan pegawai aja dong yg di utamakan,buruh biasa juga dipikirkan dong,guru&pegawai krjanya enak,ga pake otot tp minta diutamakan terus,ga adil !!
    Semua_mua mau jadi pegawai krn gajinya dikit2 dinaikin dikit2 dinaiki,kasian orang kecil dong,kebutuhan naik semua,gaji se-upil,ditambah lg bln ini kondangan dimana2, jangan pegawai aja dong yg di istimewakan (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ ) :  (T^T) : hiks..  hiks..

  7. wong mlarat says:

    jangan pegawai aja dong yg di utamakan,buruh biasa juga dipikirkan dong,guru&pegawai krjanya enak,ga pake otot tp minta diutamakan terus,ga adil !!
    Semua_mua mau jadi pegawai krn gajinya dikit2 dinaikin dikit2 dinaiki,kasian orang kecil dong,kebutuhan naik semua,gaji se-upil,ditambah lg bln ini kondangan dimana2, jangan pegawai aja dong yg di istimewakan..hiks_hiks

  8. Penyair Gelandangan says:

    Hidup Buruh

  9. Mila says:

    Beritanya gak bisa dishare :/

  10. kalo susah ….. kenapa mau jd buruh ….mending wirausaha :)

  11. 4ndik says:

    yupss….. ” ga usah berfikir tentang honorer ataupun buruh … ” buruh berjuang untuk dirinya sendiri… pegawai .., PNS honorer di upah karena aparatur negara … yg hanya tinggal ketok palu dah naik … buruh tanpa nego tanpa turun jalan mana mungkin di lirik …. ahhh semua bullshitt .. masa survey 2013 kok buat bayar di 2014 …. !!! 1206 … masih kurangg …ingatt ra tambahi boikot 2014 …. bay bay ..

  12. Agus showab says:

    Gaji pekerja naik, angsuran motor tetep murah, ayo semangat

  13. smoga dgn naiknya UMk ini tidak smakin berat beban tugasku

  14. Kharisma risma says:

    adakah sangsi bagi perusahaan yg tidak memenuhi ketentuan untuk menaikan gaji sesuai dengan umk, padahal perusahaan tsb mampu membayar gaji karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. untuk dinas ketenagakerjaan mohon dilakukan pengecekan langsung keseluruh perusahaan yg ada di kab.Kendal kalau perlu tanya karyawannya satu per satu soalnya banyak pengusaha yang melakukan manipulasi dengan memberikan laporan yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Tolong perhatikan nasib kami bukan hanya memihak kepada kepentingan semata perusahaan saja, karena kami ingin mempunyai kehidupan yang layak.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=