Published On: Mon, Jun 3rd, 2013

Harga Sembako Mulai Merambat Naik

Share This
Tags

sembakkoIsu kenaikan harga BBM dan menjelang bulan puasa harga sejumlah bahan pokok merambat naik. Kenaikan harga sembako ini sudah terjadi dua pekan yang lalu dan kenaikannya mencapai Rp 2 ribu per-pekan. Kebutuhan pokok yang naik cukup tinggi yakni telur dan beras serta minyak goring.
Kenaikan harga sembilan bahan pokok di Pasar Kendal terjadi akibat permintaan banyak sementara pasokan sedikit. Isu kenaikan harga BBM ikut mempengaruhi harga sembako yang naik Rp 500 hingga Rp 2 ribu.
Banyaknya warga yang menggelar hajatan juga menjadi penyebab harga sembako naik. Kenaikan tertinggi terjadi pada harga telur dan beras serta minyak goring. Harga telur naik Rp 2 ribu per pekan dan kini sudah menembus angka Rp 18 ribu perkilogram.
Sebelumnya harga telur hanya dijual Rp 12 ribu perkilogramnya dan naik setiap pekan Rp 2 ribu . Sedangkan harga beras jenis IR 64, naik dari harga semula Rp 7 ribu kini menjadi Rp 8500 perkilogramnya.
Lenaikan harga sembako ini dimaklumi pembeli karena banyak yang menggelar hajatan. “Musimnya banyak orang hajatan jadi harga naik, tapi jangan terus naik, apalagi menjelang puasa kebutuhan jadi bertambah,” kata Ambar, pembeli di pasar Kendal kepada beritakendal.com.
Menurut pedagang sembako, kenaikan harga ini dampak dari banyaknya permintaan dan kurangnya pasokan. Menjelang bulan puasa sejumlah harga kerupuk dan makanan kering mulai naik antara Rp 500 hingga Rp 1000 perkilogramnya.
“Yang terasa kenaikannya adalah harga telur ayam, sudah naik setiap minggunya Rp 2000 perkilogramnya. Sedangkan beras dan minyak goreng kenaikannya antara Rp 500 hingga Rp 1000,” ujar Mawarti, pedagang sembako.
Kenaikan harga sembako berdampak pada sepinya pembeli sehingga pendapatan pedagang di Pasar Kendal berkurang. (03)

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. pakde says:

    wadooooooh…….piye iki……???? isih iso urip ora yo…..???

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=