Published On: Tue, May 7th, 2013

Cetakan Kertas Suara Pilgub Disorot Panwas

Share This
Tags

kertas suaraLogistik pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah terlambat diterima Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kendal. Ratusan dus kertas suara baru datang Senin (06/05) malam dan belum dilakukan pelipatan. Panwaslu Kabupaten Kendal,menilai kualitas cetakan pada kertas suara jelek dan tidak merata.
Ratusan dus kertas suara dan logistik Pilgub masih menumpuk di gudang KPU Kendal, hingga Selasa (07/05) siang kertas suara belum dilipat. Petugas dari KPU sedang melakukan pendataan pada sampul pengiriman saja.
Ratusan kertas suara Pilgub ini belum diketahui apakah ada yang rusak atau tidak. Ketua Panwas Kabupaten Kendal,Supriyadi menilai mutu cetakan pada kertas suara kurang baik.
Terlihat dari cetakan dan gambar pasangan gubernur dan wakil gubernur yang tidak rata dan tidak jelas. Menurutnya, KPU harus melakukan penyortiran sebelum diserahkan ke tiap TPS agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
“Ada perbedaan cetakan terlihat ada yang jelas dan ada yang kabur,ini harus disortir jangan sampai dikirim ke TPS sehingga tidak terjadi masalah,” katanya.
Sementara itu, anggota KPU Kendal Fahrozi mengatakan pelipatan kertas suara terpaksa ditunda beberapa hari.Pasalnya pada saat bersamaan KPU Kendal sedang melakukan verifikasi daftar calon anggota legislatif.
“KPU tidak ingin saat ada kegiatan verifikasi dan konsultasi dari parpol bersama dengan proses pelipatan kertas suara pilgub,” ujar Fahrozi. Dirinya menjamin dalam tiga hari proses pelipatan kertas suara akan selesai.
Proses pelipatan sendiri akan mengerahkan, warga sekitar kantor KPU Kendal dan dikerjakan dengan penjagaan petugas kepolisian. Pihaknya juga akan melakukan penyortiran surat suara dan akan mengembalikan ke KPU Propinsi Jawa Tengah jika ada yang rusak. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=