Published On: Sun, Feb 3rd, 2013

Makanan Olahan dari Buah Mangrove

Share This
Tags

MANGROVETanaman mangrove atau bakau tidak hanya dimanfaatkan untuk menahan abrasi air laut, tapi bisa diolah menjadi makanan ringan. Seperti yang dilakukan warga di Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon, buah mangrove ini diolah menjadi kerupuk dan jenang serta tepung untuk bahan pembuatan roti.
Buah mangrove yang panjang dan kecil ini ditangan kelompok usaha masyarakat pesisir bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan. Meski kurang dikenal dan masih diragukan olahan dari buah mangrove tidak kalah renyah serta gurih dibandingkan bahan lainnya seperti ubi atau singkong.
Buah mangrove yang banyak tersebar di daerah pesisir ini, kemudian dimanfaatkan menjadi bahan pembuat makanan. Melalui percobaan berkali-kali buah mangrove akhirnya dapat diolah menjadi makanan.
Adalah Rukimah, warga Dukuh Tanjung Mulyo Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon, bersama ibu-ibu didaerah pesisir ini mencoba berkali-kali mengolah buah mangrove menjadi makanan ringan.
“Sudah hampir setahun mas melalui percobaan berkali-kali untuk menghasilkan makanan yang baik,” katanya.
Proses pembuatan cukup mudah, buah mangrove atau tanjang serta brayo ini dimasak hingga enam jam dan digiling hingga menjadi tepung. Rebusan buah mangrove atau tanjang ini, dilakukan berkali-kali agar getah dan rasa pahir hilang.
Setelah menjadi tepung baru bisa diolah berbagai makanan ringan seperti kerupuk, kue kering dan jenang.
Olahan makanan dari buah mangrove ini cukup gurih dan rasa pahit tidak terasa lagi. “Rasanya gurih dan renyah, rasa pahit tidak ada,” ujar Kartiko yang mencoba mencicipi kerupuk tanjang dan brayo ini.
Namun saying, perajin makanan olahan mangrove ini kesulitan memasarkan hasil olahan karena belum banyak yang mengenal. Padahal olahan dari buah mangrove ini mempunyai kadar serat tinggi dan kaya kalori. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=