Published On: Fri, Dec 21st, 2012

Sempat Bantah, Kini Mengaku Salah

Share This
Tags

Ada-ada saja ulah terdakwa kasus percobaan pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polsek Kangkung saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Kendal. Terdakwa Riyanto bin Matoli (19) warga Dukuh Kisik, RT2/RW5 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, akhirnya mengakui  perbuatannya di depan Majelis Hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Padahal  sebelumnya terdakwa membantah keterangan penyidik dari Polsek Kangkung, yang menangani kasus ini.

Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua, Yandri Roni SH dan Hakim Anggota, Yasri SH dan Indah Novi S, SH, dengan  Jaksa Penuntut Umum (JPU), Fik Fik SH, itu, terdakwa Riyanto tidak sanggup menghadirkan saksi yang meringankan, yakni teman terdakwa, Ilham dan Jupri yang kini masih buron, sebagaimana pernah diminta Majelis Hakim pada sidang sebelumnya, Selasa (11/12) silam.

Meski tanpa kehadiran saksi yang meringankan. Namun persidangan tetap berjalan. Dalam sidang lanjutan kasus tindak pidana percobaan pencurian tersebut, Dihadapan Majelis Hakim, JPU Fik Fik, kembali menyatakan kronologis kejadian kasus tindak pidana percobaan pencurian yang terjadi pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2012, sekitar pukul 13.00 WIB, bertempat di halaman rumah saksi korban, Zaenuddin bin Nadar, warga Desa Karangmalang Wetan RT6/RW3 Kecamatan Kangkung.

Terdakwa bersama kedua temanya, berusaha melakukan tindakan melawan hukum dengan mengambil suatu barang berupa satu unit sepeda motor Yamaha Vixion nopol H-4868 YM. “Awalnya terdakwa dan temannya, Ilham dan Jupri, dengan mengendarai sepeda motor Suzuki Smas nopol H-3019-AU berjalan-jalan mencari sasaran sepeda motor yang akan diambil. Dan sesampainya di Desa Karangmalang Wetan, terdakwa dan kedua temanya melihat sepeda motor Yamaha Vixion nopol H-4868 YM sedang diparkir pemiliknya di depan rumah. Ketika itu secara spontan terdakwa bersama kedua temanya berhenti dan membagi tugas, dimana terdakwa bertindak sebagai eksekutornya denga peralatan obeng bertangkai karet warna hijau dan jarum pentol pemberian Jupri. Sedangkan Ilmah dan Jupri menunggu terdakwa disuatu tempat,” jelas JPU. (11)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=