Published On: Tue, Nov 13th, 2012

Hujan Datang, Awas Longsor dan Banjir

Share This
Tags

Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal mengingatkan akan bahaya longsor dan banjir. Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kendal Endro Kunarno mengatakan, daerah yang rawan longsor umumnya berada di wilayah atas yakni Sukorejo, Pageruyung, Patean, Plantungan, Limbangan, Singorojo dan Boja.

“Untuk wilayah bawah daerah yang patut diwaspadi bencana longsor adalah sepanjang aliran sungai Bodri, Sungai Blorong dan Sungai Kutho Weleri,” katanya.

Selain bencana tanah longsor yang terjadi saat musim penghujan, warga juga diminta mewaspadai banjir yang kerap terjadi di wilayah Kendal terutama di jalur Pantura Kendal. Daerah yang menjadi perhatian dan pantauan bencana banjir adalah Kota Kendal, Weleri. Kaliwungu, Brangsong dan Rowosari. Sedangkan untuk wilayah atas, daerah yang rawan terjadi banjir adalah wilayah Limbangan.

“Data dari BMKG curah hujan sudah mulai tinggi sepanjang November hingga Maret 2013, ini akibat dari badan El Nino di perairan Australia sehingga berdampak pada curah hujan diwilayah Indonesia,” imbuhnya.

Endro berharap warga tidak panik saat terjadi bencara baik tanah longsor atau banjir, warga diminta tenang dan laporkan kejadian kepada pihak terkait. “BPBD sudah melakukan sosialisasi kepada warga untuk siap menghadapi bencana dimusim penghujan ini,” katanya. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=