Published On: Wed, Oct 17th, 2012

Kaliwungu Percontohan Industri Rumahan

Share This
Tags

Dijadikannya Kabupaten Kendal sebagai percontohan untuk industri rumahan berbasis perempuan, akan terus dikembangkan dan siap dijalankan. Pemkab Kendal sendiri sudah menentukan, wilayah Kecamatan Kaliwungu akan dijadikan lokasi percontohan karena banyak industri.

Perwakilan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( PPA ) yang audensi dengan Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan pengamatan tim ini Kabupaten Kendal sangat tepat menjadi percontohan terkait dengan kepedulian dari Bupati Kendal yang sangat peduli dengan pembangunan serta pengembangan industri mikro.

Menurut rencana percontohan tersebut akan mencakup tiga kluster yakni industri mikro sandang ( konveksi ), industri mikro pangan ( industri pangan sehat dan industri mikro kerajinan rakyat.

Profesor Iriatno selaku pakar industri kecil dan mikro dari Institut Pertanian Bogor yang sekaligus anggota rombongan Kementrian PPA mengatakan, pembentukan kawasan industri mikro / rumahan akan disinergikan dengan program-program di SKPD terkait. Hal yang perlu dipersiapkan, menurutnya, mencakup pembiayaan usaha ( pinjaman bank ), pemasaran produk serta pengadaan bahan baku.

Industri rumahan ( kampung industri rumahan ) akan didampingi dengan pendirian Pos Pelayanan Kampung industri rumahan. Selain berfungsi untuk memfasilitasi pembiayaan, pos tersebut juga sebagai pusat perkulakan dari produk industri mikro / rumahan.

Tujuan utama dengan dibentuknya Kampung Industri Rumahan, menurut Iriatno, adalah meningkatkan perekonomian keluarga dengan pemberdayaan perempuan ( ibu rumah tangga ) agar bisa bekerja dari rumah.

Sementara, bupati menyambut baik dengan rencana dari Kementrian tersebut dan akan segera mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait. Bupati menjelaskan bahwa program sejenis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kendal khususnya warga kurang mampu juga tengah dirintis pihaknya dengan mempersiapkan Balai Latihan Kerja yang akan menjadi “ Kawah Candradimuka “ untuk membekali masyarakat dengan berbagai ketrampilan yang ke depannya dapat bersinergi dengan industri kecil dan mikro.

Sementara itu sejak ditemukannya kembali Batik Kaliwungu sebagai batik asli Kabupaten Kendal, Pemkab Kendal sudah mulai menghidupkan industri rumahan baik yang berskala kecil maupun mikro yang didukung dengan pelatihan batik bagi ibu rumah tangga bahkan melibatkan para istri nelayan yang luput dari perhatian. Lalu pada Desember 2011, dibentuklah Kampung Batik di Kaliwungu. Selanjutnya diikuti dengan berdirinya usaha pembuatan batik di tempat ain di wilayah Kabupaten Kendal.

Selain industri batik, Pemkab Kendal juga mengembangkan industry yang berbasis rumah tangga dan perempuan di bidang tanaman buah pisang raja bulu, jambu getas merah dan usaha pembuatan bandeng tanpa duri serta industri rumahan lain. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=