Published On: Thu, Aug 2nd, 2012

Bupati Instruksikan Galian C Ditutup

Share This
Tags

Tuntutan pengunjuk rasa dari Progres Jawa Tengah yang meminta galian C di Kabupaten Kendal ditutup ditanggapi Bupati Kendal Widya Kandi Susanti. Dihadapan pengunjuk rasa di depan kantor bupati, Kamis (02/08) siang bupati akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang meminta seluruh aktivitas penambangan ditutup sementara.

“Saya akan mengeluarkan SK untuk menutup sementara semua Galian C yang ada hingga batas waktu yang belum ditentukan. Tentunya butuh proses sebelum menutup sementara tidak langsung hari ini,” katanya. Mendengar pernyataan bupati, massa menyambut gembira dan membubarkan diri.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Energi dan Sumber Daya Mineral, Agung Setiawan kepada beritakendal.com, mengatakan jumlah penambang galian C yang sudah mengantongi ijin ada 13 buah.

“Sementara yang sedang mengajukan ijin ada sekitar 11 penambang, namun ada aturan dari kementerian ESDM maka kami tidak akan menerbitkan ijin usaha kepada penambang lainnya termasuk 11 yang sedang mengajukan ijin,” terangnya.

Dikatakan, jumlah penambang liar terbanyak ada di sekitar aliran Sungai Bodri bahkan jumlahnya puluhan. “Sesuai dengan instruksi bupati yang meminta galian c ditutup sementara maka kita akan mengawasi. Penutupan sementara ini juga berlaku pada 13 usaha penambangan yang sudah mengantongi ijin,” imbuh Agung. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=