Published On: Tue, Jul 24th, 2012

Hendy: Manajemen PNS Perlu Dibenahi

Share This
Tags

Kemajuan suatu daerah tidak semata-mata peran dari kepala daerah semata, melainkan peran semua pihak termasuk bawahannya. Termasuk kemajuan Kabupaten Kendal, tidak hanya peran bupati saja yang bisa mengangkat daerahnya namun manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) perlu dibenahi.

Mantan Bupati Kendal  Hendy Boedoro kepada beritakendal.com beberapa waktu yang lalu mengatakan, manajemen PNS perlu ditata lebih baik lagi. “PNS harus bertanggung jawab dan tegas, ciptakan pegawai yang bisa menciptakan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat agar masyakarat bisa menikmati,” jelasnya.

Hendy menegaskan PNS harus kreatif, reformasi birokrasi harus dilakukan. Untuk itu, ditambahkannya, perlu ada kerja sama yang baik dantara bupati, PNS dan rakyat. Di roda pemerintahan Kabupaten, bupati ibarat pohon dan PNS adalah akarnya. Kalau akarnya tidak kuat, maka pohon tersebut bisa ambruk. Sehingga PNS perlu diberi pengetahuan politik dan manajemen yang baik.

“Tapi politiknya PNS, bukan politik praktis. Mereka diberi pengetahuan politik, supaya tahu situasi dan kondisi Negara. Soal manajemen, PNS juga harus tahu. Sebab yang meminit  keuangan pemerintah daerah adalah  PNS. Bupati hanya memerintrah saja,” tambah Hendy.

Ditambahkan suami Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, banyak potensi Kabupaten Kendal yang bisa digarap dan belum dilakukan saat ini.  “Yang belum terwujud saat saya menjadi bupati adalah jalan lingkar utara. Jalan ini menjadi penting karena bisa mengurangi angka kecelakaan,” katanya.

Hendy Boedoro sendiri mengaku tidak kapok lagi berkiprah didunia politik. Bahkan ia sempat mengaku akan mencalonkan lagi menjadi bupati atau wakil rakyat, bila ada kesempatan dan tidak terganjal aturan.

“Politik adalah dunia saya. Sebab dengan politik, orang bisa mengetahui situasi dan kondisi Negara,” kata Hendy, saat ditemui di rumah pribadinya, yang terletak di Cangkiran Semarang.

Hendy yang mulai terjun ke dunia poltik menjadi ketua ranting PDI Perjuangan kelurahan Cangkiran menyatakan, bahwa dirinya telah belajar banyak sewaktu berada di penjara. Salah satunya adalah belajar sabar. Sebab dengan kesabaran itu, menjadi seseorang tidak frustasi dan bisa intropeksi diri.

“Kalau saya tidak sabar, mungkin sudah tidak seperti sekarang ini,” akunya.

Hendi menegaskan, Kabupaten Kendal setelah ia tinggal, belum ada kemajuan atau perubahan yang mencolok. Bahkan sekarang ini, banyak jalan rusak. Padahal sewaktu ia menjadi bupati, jalan-jalan di Kabupaten Kendal hamper semuanya ‘mulus’.

“Bupati harus berpihak dengan rakyat. Caranya memberi fasilitas yang dibutuhkan rakyat. Meskipun harus menanggung segala resikonya,” jelas hendy. (01)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=