Published On: Thu, Jun 28th, 2012

Bulog Siap Tampung Gabah Petani Kendal

Share This
Tags

Tidak mendapatkanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kendal terutama hasil panen padi petani, sehingga banyak dijual diluar kota membuat prihatin Perum Bulog. sebagai langkah keluarnya gabah dari Kendal ke luar kota,  Perum Bulog Sub Divre I Semarang  di Desa Sumberrejo Kecamatan Kaliwungu  melakukan kerja sama dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) Kecamatan Kendal. Kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan kedua belah pihak berlangsung di Kantor Distributor Pupuk di Kelurahan Bugangin Kecamatan Kendal, Kamis (28/6).

Perwakilan dari Perum Bulog Sub Divre I Semarang, Mustofa Kamal mengatakan kerja sama perum bulog dengan Gapoktan Kecamatan Kendal bertujuan agar para petani bersedia menjual hasil produksi padinya ke Bulog. Selain itu dengan adanya kerjasama tersebut kedua belah pihak saling diuntungkan karena para petani tidak perlu khawatir dan kesulitan memasarkan pagi hasil produksinya dan Perum Bulog Sub Divre I Semarang bisa menjalankan fungsinya untuk memenuhiu kebutuhan beras nasional.

’’Tahun ini beras produksi petani Kendal yang kami serap sekitar 137 ribu ton atau sekitar 5-10 persen dan kekurangannya dari luar daerah,’’ ujar Mustofa.

Menurut Mustofa, selama ini pihaknya mengambil beras dari sejumlah kota seperti Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, Salatiga dan Grobogan. Sementara itu Ketua Gapoktan Kecamatan Kendal, Tardi SP mengatakan, kerja sama tersebut sangat bermanfaat bagi petani karena bertujuan untuk meningkatkan produktifitas petani. Selain itu para petani tidak perlu lagi khawatir dan bingung menjual hasil panennya karena Bulog siap menampung dengan harga yang sama dengan pasaran.’’Saya yakin kerja sama ini akan memacu kinerja petani untuk meningkatkan produktifitasnya  dan membuat mereka lebih tenang,’’ ujar Tardi.

Menurut Tardi, kalau selama ini banyak gabah asal Kendal yang lari keluar daerah karena tidak ada pengusaha Kendal hanya sedikit yang membli gabah dari petani sekarang gabah Kendal bisa dinikmati sendiri oleh warga Kendal.’’Selama ini bagah Kendal yang kualitasnya cukup bagus lari keluar daerah dan masuk kembali ke Kendal dalam bentuk beras dan kualitasnya kurang bagus,” imbuhnya. (05)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=