Published On: Wed, Jun 6th, 2012

Keripik Singkong Renyah dari Trisobo

Share This
Tags

Anda peng gemar keripik singkong, namun butuh yang renyah dan gurih. Cobalah nikmati keripik sing kong dari Desa Trisobo Kecamatan Boja.  Di Desa Trisobo Boja memang banyak dijumpai tanaman singkong, bahkan hampir semua pekarangan rumah selalu dijumpai tanaman singkong. Dari situlah beberapa rumah tangga mulai membuat ceriping singkong, namun hanya dijual di sekitar rumah dan di pasar setempat.

Melalui  pembinaan dan Gabungan Kelompok Tani dan Usaha Mandiri (Gapoktakom) kendala pemasaran sudah tidak menjadi soal. “Gapoktakom itu sebagai pengepul keripik singkong dari semua home industry  yang memasarkannya ke beberapa tempat,” kata Ketua Gapoktakom Desa Trisobo Nur Ahmad.

Ada sekitar 20 Home industri keripik  di Desa Trisobo, dengan rata-rata tiap hari  bisa memproduksi 70 kilogram keripik. Karena semakin banyak permintaan dan makin luasnya pemasaran, justru yang menjadi kesulitan adalah singkongnya. “Sekarang bahan dasar singkongnya kadang kekurangan, sehingga harus mencari singkong dari luar Boja,”jelas Nur Ahmnad.

Inovasi terus dikembangkan, walaupun keripik singkong rasa klasik masih banyak digemari, namun sudah mulai mencoba dengan rasa baru. (06)

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=