Published On: Wed, May 30th, 2012

Petani Kendal Wakili Jateng Lomba P3A

Share This
Tags

Petani asal Kendal yang tergabung dalam Tim Gerakan Perkumpulan Petani Pemakai Air ( GP3A ) Sendang  Sukosari Desa Pojoksari Kecamatan Rowosari mewakili Jawa Tengah padal  Lomba P3A tingkat nasional yang dilaksanakan 27-31 Mei di Batam.

Tim ini sebelumnya keluar sebagai juara pertama tingkat Jateng pada 25 April 2012 lalu dengan memperoleh nilai tertinggi pada tahap 3 besar mencakup tahap penilaian administrasi, tahap kunjungan lapangan dan tahap paparan.

Bupati Kendal dr Widya Kandi Susanti MM CD menyambut baik dan menyampaikan ucapan selamat sekaligus mengharapkan agar segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang dengan memperhatikan arahan serta bimbingan dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Jateng.

Bupati juga berpesan, apapun hasilnya nanti, yang terpenting dapat diperoleh pengetahuan yang berguna untuk pengembangan peningkatan produksi padi di wilayah yang bersangkutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan, Ir Sri Purwati MSi mengatakan, Tim GP3A dari Kabupaten Kendal akan bersaing dengan 22 P3A dan 14 GP3A dari 22 provinsi dari seluruh Indonesia. “Untuk lomba tingkat nasional ditekankan pada aktifitas pengelolaan irigasi untuk mendukung Ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani,” katanya.GP3A  Sendang Sukosari sendiri dibentuk 15 Juni 2010 dengan dilatarbelakangi antara lain keterbatasan jumlah debit air di musim kemarau, Sumber Daya Manusia yang belum terampil, pembagian air yang tidak adil dan egoistis petani per wilayah.

GP3A tersebut terdiri dari lima Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A ) dari lima desa di tiga kecamatan yakni P3A Sasemdadisari Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh; P3A Tirto Ngudi Lestari Desa Pojoksari Kecamatan Rowosari; P3A Sruwet I Desa Sukodadi, P3A Sendang Makmur Desa Sendangdawung dan P3A Kalam Sawiyah Desa Sendangkulon Kecamatan Kangkung. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=