Published On: Sun, May 20th, 2012

Minim, Darah PMI Kendal Tercemar Virus

Share This
Tags

Bagi warga yang membutuhkan darah cukup berbangga dan tidak perlu khawatir, pasalnya darah yang diambil PMI Cabang Kendal dari para pendonor relatif aman dari virus. Dari ribuan kantong yang berhasil dihimpun tiap tahun, hanya 1% darah yang tercemar virus. Sebagian besar virus yang mencemari darah adalah virus hepatitis B, hepatitis C, dan HIV/AIDS. Khusus virus HIV/AIDS, tiap tahun PMI hanya menemukan satu kasus.
“Jadi relatif aman karena hanya sebagian kecil darah yang tercemar virus,” ujar staf PMI Cabang Kendal Muhlasin.
Muhlasin mengaku tiap bulan pihaknya mampu mengumpulkan 500 lebih kantong darah dari para pendonor. Setelah kantong darah berhasil dikumpulkan, darah tersebut diseleksi di unit tranfusi darah PMI. Sehingga darah yang tercemar penyakit bisa terdeteksi. Darah yang tercemar virus selanjutnya dikirim ke instalasi pengolah limbah (IPAL) di RSUD Dr H Soewondon untuk dimusnahkan.
Pihaknya menjamin semua darah yang dikelola PMI aman digunakan untuk pasien yang membutuhkan darah. Proses pengambilan darah dari pendonor juga aman karena memakai jarum sekali pakai. Pendonor yang darahnya tercemar virus tidak akan menular ke pendonor lain.
“Jadi pendonor tidak usah khawatir dengan keamanan darah yang diambil oleh PMI,” ujar Muhlasin.
Menurut Muhlasin, darah yang tercemar HIV/AIDS biasanya berasal dari para napi di LP. Sedangkan pendonor yang darahnya positif tercemar virus hepatitis B, pihaknya minta pendonor segera diobati. Dengan pengobatan rutin, virus hepatitis B bisa disembuhkan. (04)

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. neo says:

    moga2 PMI tetep konsisten dgn prosedur pengambilan darah , jgn lengah /
    maju terus PMI cab. kendal

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=