Published On: Thu, May 10th, 2012

Kendal Pelopor Investasi di Jawa Tengah

Share This
Tags

Potensi Kendal yang tidak dimiliki daerah lain menjadikan kabupaten di pantura ini, bisa menjadi pelopor untuk masuknya investasi di Propinsi Jawa Tengah.
Direktur Eksekutif Trade Training Investment Center (TTIC) Kadin Jawa Tengah Pungki Purwito TH mengatakan, Kabupaten Kendal menawarkan banyak kesempatan dan memiliki potensi yang lengkap. Yang pertama menurutnya dikarenakan Kabupaten Kendal memiliki Pemimpin yang progresif dan modern. Alasan selanjutnya karena Kendal memiliki zona kawasan khusus, serta pelabuhan.
“Poin yang ketiga adalah Kabupaten Kendal memiliki potensi yang sangat unik, karena Kabupaten Kendal memiliki topografi yang lengkap. dimana jarang sekali wilayah yang memiliki dataran tinggi, dataran rendah dan laut sekaligus,” katanya.
Kadin Jateng berharap potensi-potensi yang ada di Jawa Tengah bisa tersentral di Kabupaten Kendal, selain karena faktor geografis, juga karena kelengkapan potensi yang dimiliki oleh Kendal, mulai dari sektor agrobisnis, hingga pertambangan.

Mahesh K Saharia, Konsul Kehormatan RI Wilayah India untuk jalur pengembangan hubungan kerjasama berkelanjutan antara India dan Indonesia, menyampaikan bahwa pihaknya tertarik untuk melakukan investasi di Kendal. Menurutnya Kendal telah mengubah penilaian para investor tentang Jawa Tengah, dimana sebelumnya banyak investor yang belum tertarik masuk ke Jawa Tengah.
“Semangat Bupati Kendal yang tidak kenal lelah memperkenalkan potensi Kendal menurut Mahesh membawa semangat baru bagi para investor untuk melirik Jawa Tengah, khususnya Kendal. Dalam waktu dekat, pihaknya berharap segera merelisasikan niatnya untuk investasi di Kendal,” jelas Mahesh.
Ketertarikan utama Mahesh di Kendal adalah untuk berinvestasi pada Pengembangan Pelabuhan Kendal serta agrobisnis berupa pengolahan teh. Sementara itu Bupati Kendal dr Widya Kandi Susanti menuturkan pihaknya menyambut baik rencana untuk penanaman investasi di Kabupaten Kendal. Kabupaten Kendal sangat terbuka kepada para investor. Pihaknya menjanjikan pelayanan birokrasi yang singkat dan mudah, karena telah menyederhanakan sistem birokrasi.
“Jika tidak percaya, ayo datang kesini, akan saya buktikan,” ujar Bupati. Selain akan menerapkan perijinan dan birokrasi yang singkat, Bupati Kendal juga memberikan fasilitas bagi para calon investor yaitu tidak akan menarik pajak daerah selama dua tahun pertama. Hal itu dikarenakan Pemerintah Kabupaten Kendal tidak ingin membebani investor di tahun awal beroperasinya usaha. “Two years without taxes”, tegas Bupati. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=