Published On: Wed, Apr 18th, 2012

Harga Jatuh, Jambu Merah Diolah

Share This
Tags

Memasuki bulan April sampai Mei, panen Jambu Biji Getas Merah khas Kabupaten Kendal, begitu melimpah. Kelebihan panen berimbas pada harga jambu yang anjlok dan buah yang membusuk karena tidak segera laku. Harganyapun turun sampai Rp 2000 perkilogramnya, tak ayal petani jadi rugi.
Namun, berkat bimbingan yang intensif dari Disperindag Kendal, para petani diajari serta dibimbing membuat berbagai macam olahan berbahan dasar jambu biji merah. Kerugian yang dialami petani sudah jauh berkurang malah keuntungan bertambah.
Jambu Biji Getas Merah yang dipanen dikelompokkan dalam berbagai kategori sesuai kualitasnya, yaitu grade A, B, C dan D. Buah jambu yang diolah umumnya dari kualitas / grade C dan D, sedangkan yang A dan B kebanyakan dijual masih dalam bentuk buah segar.
Widoko, salah seorang petani Jambu Getas Merah dan koordinator kelompok tani Rukun makmur 1 dan 2 Desa Tambahrejo Kecamatan Pageruyung, mengutarakan, sejak 2009 para petani jambu merah mendapatkan perhatian dan penyuluhan dari Disperindag untuk membuat berbagai macam penganan dari Jambu Getas Merah.
“Kita sudah mengantisipasi jika panen raya harga pasti jatuh, agar tidak merugi maka jambu harus diolah menjadi panganan lain,” katanya.
Hingga kini, sudah ada 15 variasi olahan yang diproduksi, diantaranya jenang jambu, sirup, manisan, jus jambu dan kerupuk jambu. Hasil produksi sudah dipasarkan ke berbagai daerah yaitu Semarang, Surabaya, Jakarta dan DIY.
Produk dan hasil olahan Jambu Biji Getas Merah yang merupakan vegetasi asli Kabupaten Kendal telah banyak dikenal dan diakui kualitasnya sehingga dijadikan sebagai salah satu komoditas andalan Kabupaten Kendal bahkan Jawa Tengah.
Menurut rencana, Jambu Biji Getas Merah akan diikutkan dalam dalam Pameran UMKM di Jakarta 30 Mei – 4 Juni, sebagai salah satu enam produk hortikultura andalan Jawa Tengah yang dikirim.(03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=