Published On: Thu, Apr 12th, 2012

Kendal Butuh 20 Juta Tanaman Mangrove

Share This
Tags

Kerusakan sepanjang pantai Kendal yang mencapai 40 persen perlu penanganan cepat dari sejumlah pihak. Setidaknya untuk menyelamatkan wilayah pantai Kendal sepanjang 41 kilometer ini, dibutuhkan 20 juta tanaman magrove. Ketua LSM Pesut, Sukamto mengatakan kerusakan wilayah pantai Kendal sudah memprihatinkan. Tidak hanya merusak tambak, tetapi sudah mulai merusak pemukiman. “Sebagai contoh di wilayah Tawang Laut dimana satu RW sudah hilang,” katanya.
Dijelaskan Sukamto, dari 41 kilometer panjang pantai Kendal, kerusakan parah terjadi di enam desa. Tingkat kerusakan berbeda-beda, namun yang sangat parah terjadi di Mororejo Kaliwungu dan Tawang Laut Rowosari. “Bantuan dari pemerintah pusat dan sejumlah kalangan masih belum cukup untuk merehabilitasi kerusakan pantai Kendal. Setidaknya Kendal membutuhkan 20 juta tanaman mangrove untuk mencegah kerusakan tidak semakin parah,” imbuh Sukamto.
Saat ini bantuan tanaman mangrove dari pemerintah pusat sebanyak 52 ribu, dari Badan Lingkuhan Hidup 15 ribu dan Dinas Kelautan dan Perikanan sebanyak 80 ribu. “Jumlah ini masih jauh dari harapan kami untuk memperbaiki kerusakan pantai Kendal.” jelasnya.
Sukamto sendiri sanggup untuk menyediakan bibit tanaman mangrove hingga satu juta pohon setiap tahunnya, namun demikian perlu bantuan dari berbagai pihak untuk bisa secepatnya menangani kerusakan pantai Kendal ini. (03)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

=